Pada Umumnya, antrian pasien menumpuk di fasilitas kesehatan dan layanan menjadi tertunda dalam waktu yang lama. Hal ini menyebabkan ketidaknyamanan pasien dan bisa terjadi kekacauan. Industri Layanan Kesehatan harus segera menggunakan teknologi digital yaitu Sistem Antrian SIMRS untuk mempermudah pasien, staf, dan pengunjung.
Alur Sistem Antrian Rumah Sakit:
A. Pendaftaran Awal:
- Pasien tiba di rumah sakit dan menuju loket pendaftaran.
- Petugas pendaftaran memasukkan data pasien ke dalam sistem SIMRS, seperti nama, nomor rekam medis, alamat, dan nomor kontak.
B. Pemilihan Layanan
- Pasien diminta untuk menyebutkan jenis layanan yang mereka butuhkan, seperti pendaftaran untuk konsultasi dokter umum, spesialis, atau pemeriksaan diagnostik tertentu.
- Petugas pendaftaran mengarahkan pasien ke loket atau unit layanan yang sesuai berdasarkan kebutuhan mereka.
- Pemberian Nomor Antrian:
- Setelah proses pendaftaran selesai, pasien diberikan nomor antrian oleh sistem.
- Nomor antrian ini ditampilkan melalui layar monitor atau dicetak dalam bentuk kertas yang diberikan kepada pasien.
C. Panggilan Antrian:
- Pasien menunggu giliran mereka sesuai dengan nomor antrian yang telah diberikan.
- Petugas di loket atau unit layanan memanggil nomor antrian secara berurutan menggunakan sistem panggilan suara atau tampilan monitor.
D. Pemeriksaan Pasien:
- Ketika nomor antrian pasien dipanggil, mereka menuju loket atau ruang pelayanan yang sesuai untuk menerima perawatan atau layanan medis yang mereka perlukan.
- Dokter atau petugas medis diunit pelayanan melakukan pemeriksaan, diagnosis, dan memberikan perawatan sesuai dengan kebutuhan pasien.
E. Pencatatan:
- Setiap interaksi atau pelayanan yang diberikan kepada pasien dicatat dalam sistem SIMRS untuk dokumentasi medis dan pelaporan selanjutnya.
Alur Sistem Antrian dapat diimplementasikan dalam Software SIstem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). CendanaSIMRS merupakan aplikasi SIMRS berbasis ERP untuk membantu pengelolaan rumah sakit. Dapatkan DEMO GRATIS sekarang dengan hanya Menyapa Tim Kami.