Mengoptimalkan Operasional dan Pelaporan: Implementasi SIMRS di Rumah Sakit Indonesia, rumah sakit dituntut untuk meningkatkan kinerja dan daya saing sebagai badan usaha dengan tidak mengurangi misi yang diembannya. Salah satu misi besar seluruh rumah sakit di Indonesia ialah memenuhi Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 82 Tahun 2013 pasal 3 ayat 1 yang berbunyi “Setiap Rumah Sakit wajib menyelenggarakan SIMRS”. Jika diartikan lebih lengkap, peraturan di atas mewajibkan setiap rumah sakit di Indonesia mengadakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) untuk pencatatan dan pelaporan seluruh kegiatan secara efisien.
Apa itu SIMRS?
Aplikasi Rumah Sakit merupakan sistem informasi manajemen berbasis web guna mendukung pelayanan kesehatan baik di Rumah Sakit Umum, Rumah Sakit Jiwa, Rumah Sakit Khusus, maupun jenis rumah sakit lainnya. Implementasi aplikasi sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) sangat penting untuk mampu menjangkau pelayanan kesehatan front office dan back office di Rumah Sakit.
Mengapa harus SIMRS?
Ya, hal ini disebabkan oleh banyaknya data yang harus diolah dan dilaporkan. Sistem lama dengan menggunakan media kertas tentunya akan memperbesar kesalahan yang disebabkan oleh human eror. Belum lagi dampak yang digunakan oleh medianya yaitu sampah kertas yang bisa jadi berisi identitas pribadi.
Berdasarkan informasi dari Head of Tribe of Secondary Care, Digital Transformation Office Kemenkes (DTO) Agus Mutamakin di dalam surveinya di tahun 2022 terhadap 2595 rumah sakit di Indonesia, baru 88% atau 2291 rumah sakit yang telah menggunakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dan sisanya 22% atau sebanyak 304 rumah sakit belum menerapkan SIMRS. Namun, dari 88% tersebut masih terdapat kurang lebih 50 aplikasi atau sistem informasi yang digunakan ternyata tidak interoperabel dengan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS).
Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) di Indonesia belum merata dan sepenuhnya fungsional. Padahal Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit ini memberi banyak manfaat bagi kegiatan rumah sakit, seperti:
Pengelolaan lebih efektif dan efisien
Pengelolaan data rumah sakit yang banyak tentunya membuat proses pengecekan menjadi lebih lama jika dilakukan secara konvensional. Dengan adanya SIMRS tentunya pengelolaan data tersebut akan lebih tertata dan mudah.
Sistem manajemen yang terintegrasi
Banyaknya divisi dalam sebuah rumah sakit mengharuskan adanya koneksi dan koordinasi diantaranya karena ketidaksatuan komunikasi antar divisi dapat mengakibatkan terganggunya kinerja rumah sakit tersebut.
Penyajian data realtime
Penyajian data secara realtime dana akurat akan memudahkan pengelolaan serta penanganan masalah dengan lebih cepat.
Pelayanan administrasi lebih cepat
Dampak yang terjadi karena adanya penyajian data realtime akan berdampak pada jumlah tertibnya antrian pengunjung.
Terhindar dari kelalaian medisme
Penyajian data secara realtime dana akurat akan memudahkan pengelolaan serta penanganan masalah dengan lebih cepat.
Informasi dan data tersimpan rapi
Dampak yang terjadi karena adanya penyajian data realtime akan berdampak pada jumlah tertibnya antrian pengunjung.
Dukungan teknologi di zaman digital seperti saat ini memang sangat dibutuhkan. Dengan SIMRS di mana data terintegrasi, akan memudahkan proses administrasi serta pengelolaan data lainnya di rumah sakit menjadi lebih mudah dan efisien. SIMRS pada akhirnya akan mampu meningkatkan pelayanan rumah sakit menjadi lebih cepat. Manfaat ini tidak hanya berdampak positif bagi berbagai pihak di rumah sakit, namun juga bagi pasien dan masyarakat secara umum.
Lalu, bagaimana SIMRS yang baik??
Kini SIMRS Cendana hadir untuk memenuhi kebutuhan manajemen informasi rumah sakit Anda. Aplikasi SIMRS Cendana memiliki modul yang lengkap dan dirancang menggunakan teknologi ERP (Enterprise Resource Planning) berbasis web.
Keunggulan software SIMRS Cendana ini adalah kemudahan dalam menyesuaikan ragam kebijakan-kebijakan bisnis rumah sakit (kustomisasi), sudah bridging dengan Aplikasi INACBG’s, SEP-BPJS, dan Mobile JKN. Selain itu software SIMRS Cendana ini juga dirancang agar mampu melakukan pengiriman pelaporan RS (SP2RS), sehingga rumah sakit tidak perlu lagi membuat laporan. Cendana SIMRS terdiri dari modul-modul aplikasi front office dan back office dan jumlah modul ini bisa bertambah sesuai dengan kebutuhan rumah sakit.
Tentukan keputusan terbaik Anda dengan SIMRS Cendana dan jika Anda tertarik untuk mengenal lebih lengkap modul-modul Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) silahkan menghubungi tim marketing kami disini.