Software SIMRS. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang disiapkan untuk mengelola keseluruhan proses manajemen Rumah Sakit, mulai dari pelayanan diagnosa dan tindakan untuk pasien, rekam medis elektronik, apotek, gudang farmasi, penagihan, database personalia, penggajian karyawan, proses akuntansi sampai dengan pengendalian oleh manajemen. Begitu kompleksnya data dan permsalahan administrasi di rumah sakit menjadikan aplikasi SIMRS berbasis web menjadi salah satu solusi terbaik untuk bisa mengolah data dengan cepat dan akurat.
Pengembangan software SIMRS sendiri bukan suatu hal yang mudah dan juga murah karena harus memperhatikan skala kegiatan operasional rumah sakit dan kesiapan infrastruktur maupun SDM yang memadai. Cendana SIMRS adalah suatu produk aplikasi perangkat lunak yang didesain khusus dengan konsep ERP (Enterprise Resource Planning), yaitu konsep yang mengintegrasikan semua fungsi transaksi dengan fungsi manajemen dari semua unit/bagian menjadi suatu sistem yang terintegrasi/terpadu sehingga akan sangat memudahkan user (pengguna), administrator, manajerial dalam mengolah dan memanajemen data yang diperlukan untuk membantu dalam pengambilan keputusan kebijakan manajemen rumah sakit.
Software SIMRS Kemenkes memiliki standar modul yang lengkap, dan dirancang menggunakan konsep ERP (Enterprise Resource Planning) dengan berbasis web menggunakan bahasa pemrograman python dan database postgresql. Adapun modul yang dimiliki software SIMRS tersebut antara lain:
Modul-Modul Sistem Informasi Manajemen RS
Keunggulan software SIMRS Cendana ini adalah kemudahan dalam menyesuaikan ragam kebijakan-kebijakan bisnis rumah sakit (kustomisasi), sudah bridging dengan Aplikasi INACBG’s, SEP-BPJS, dan Mobile JKN. Selain itu software SIMRS Cendana ini juga dirancang agar mampu melakukan pengiriman pelaporan RS (SP2RS), sehingga rumah sakit tidak perlu lagi membuat laporan. SIMRS Cendana Kemenkes terdiri dari modul-modul aplikasi front office dan back office dan jumlah modul ini bisa bertambah sesuai dengan kebutuhan fasilitas pelayanan kesehatan.
Goal Implementasi SIM RS
- Pelayanan pasien lebih cepat
- Pelaporan keuangan lebih cepat dan akurat
- Mencegah kebocoran keuangan
- Meningkatkan produktivitas Fasilitas Pelayanan Kesehatan
- Meningkatkan efisiensi kerja karyawan
- Kontrol terhadap stok obat dan alat kesehatan lebih terkendali
- Layanan pembayaran Rawat Inap lebih baik
- Memudahkan perhitungan pembagian komponen tarif (jasa sarana dan jasa pelayanan)
- Laporan pendapatan Fasilitas Pelayanan Kesehatan dapat disampaikan dengan cepat
- Proses pelaporan ke Kemenkes lebih cepat dan akurat.
Kebutuhan pengembangan dan pemeliharaan aplikasi sistem simrs perlu dilakukan secara berkelanjutan seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin maju ke depan. Penyedia Sistem RME Terintegrasi SATUSEHAT Platform siap melayani kebutuhan pembuatan dan pengembangan aplikasi rumah sakit yang berbasis web dengan konsep ERP. Hubungi kami untuk sekedar berkonsultasi gratis disini.