Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang disiapkan untuk mengelola keseluruhan proses manajemen Rumah Sakit, mulai dari pelayanan diagnosa dan tindakan untuk pasien, medical record, apotek, gudang farmasi, penagihan, database personalia, penggajian karyawan, proses akuntansi sampai dengan pengendalian oleh manajemen. Begitu kompleksnya data dan permsalahan administrasi di rumah sakit menjadikan software SIMRS menjadi salah satu solusi terbaik untuk bisa mengolah data dengan cepat dan akurat.
Pengembangan aplikasi SIMRS sendiri bukan suatu hal yang mudah dan juga murah karena harus memperhatikan skala kegiatan operasional rumah sakit dan kesiapan infrastruktur maupun SDM yang memadai. Cendana SIMRS adalah suatu produk aplikasi perangkat lunak yang didesain khusus dengan konsep ERP (Enterprise Resource Planning), yaitu konsep yang mengintegrasikan semua fungsi transaksi dengan fungsi manajemen dari semua unit/bagian menjadi suatu sistem yang terintegrasi/terpadu sehingga akan sangat memudahkan user (pengguna), administrator, manajerial dalam mengolah dan memanajemen data yang diperlukan untuk membantu dalam pengambilan keputusan kebijakan manajemen rumah sakit.
Aplikasi Cendana SIMRS memiliki modul yang lengkap, dan dirancang menggunakan teknologi ERP (Enterprise Resource Planning) dengan berbasis teknologi web menggunakan bahasa pemrograman python dan database postgresql. Adapun modul yang dimiliki software SIMRS tersebut antara lain:
Modul SIMRS
Fitur Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Terintegrasi Berbasis ERP
Keunggulan software SIMRS Cendana ini adalah kemudahan dalam menyesuaikan ragam kebijakan-kebijakan bisnis rumah sakit (kustomisasi), sudah bridging dengan Aplikasi INACBG’s, SEP-BPJS, dan Mobile JKN. Selain itu software SIMRS Cendana ini juga dirancang agar mampu melakukan pengiriman pelaporan RS (SP2RS), sehingga rumah sakit tidak perlu lagi membuat laporan. Cendana SIMRS terdiri dari modul-modul aplikasi front office dan back office dan jumlah modul ini bisa bertambah sesuai dengan kebutuhan rumah sakit.
Goal Implementasi SIM RS
- Pelayanan pasien lebih cepat
- Pelaporan keuangan lebih cepat dan akurat
- Mencegah kebocoran keuangan
- Meningkatkan produktivitas Rumah Sakit
- Meningkatkan efisiensi kerja karyawan
- Kontrol terhadap stok obat dan alkes lebih terkendali
- Layanan pembayaran Rawat Inap lebih baik
- Memudahkan perhitungan pembagian komponen tarif (jasa sarana dan jasa pelayanan)
- Laporan pendapatan Rumah Sakit dapat disampaikan dengan cepat
- Proses pelaporan ke Depkes lebih cepat dan akurat.